Mengapa Solar Charger Controller MPPT lebih mahal dari pada PWM


Mengapa Solar Charger Controller MPPT lebih mahal dari pada PWM

Banyak yang bingung kenapa harga Solar Charger Controller tipe MPPT lebih mahal dari pada PWM. Jawabannya sangan sederhan karena MPPT Lebih Bagus dari pada PWM. Mungkin banyak yang belum tahu perbedaan antara kedua Solar Charger Controller ini.

Jika anda memiliki beberapa solar panel dan anda menyusun solar panel secara seri kemudian anda mengukur output solar panel tersebut dengan menggunakan volt meter dan ampere meter  dari pagi siang hingga sore maka apa yang akan berubah, sekilasa dari tegangan tidak ada yang berubah ketika anda ukur dari pagi hingga sore tetapi dari itu semua yang berubah adalah arusnya. Dari percobaan yang dilakukan di atas kita akan membahas perbedaan PWM dan MPPT.

   1.      Solar Charger Controller PWM

Solar Charger Controller PWM hanya akan mengisi ulang daya baterai yang dihasilkan dari solar panel tersebut, ketika cuaca berubah maka solar panel akan mengalami perubahan arus juga tetapi tegangan tidak berubah dan itu akan mempengaruhi pengisin baterai pada baterai. Perlu  di ingat solar panel tidak boleh di seri ketika menggunakan charger controller seperti ini karena charger controller jenis ini hanya mengandalkan arus saja.

   2.      Solar Charger Controller MPPT

Solar Charger jenis ini dapat mengubah tegangan yang lebih menjadi arus. Output dari Charger Controller ini tidak akan merubah nilai arus untuk mengisi ulang baterai. Maka walaupun cuaca sedang mendung selagi cahaya matahari masih ada charger controller ini akan memberi arus yang tetap tidak akan berubah.  Itu sebabnya mengapa Solar Charger Controller jenis ini lebih mahal dari pada jenis PWM.



No comments

penyebab air radiator bocor

Penyebab air radiator berkurang cepat (bocor) Menurut pengalaman saya, saya pernah mengalami kehabisan air radiator dan tanda air radi...