Cara pemasangan solar panel sistem grid tie


Pemasangan Solar Panel Untuk Rumah sistem grid tie

          Sebelum membahas Pemasangan solar panel bersistem grid tie, kita harus tahu dulu apa itu sistem grid tie. Sistem grid tie adalah sistem dimana kita menggunakan energi alternative tetapi energi tersebut bisa kita sumbangkan apabila energi alternative kita berlebihan dan bisa ditambahkan oleh PLN apabila energi alternative kita kekurangan sebagai contoh anda memiliki peralatan elektronik yang ada di rumah anda dengan daya sebesar 1000w, kemudian anda ingin memasang solar panel yang dapat menghasilkan daya sebesar 800w ke rumah anda, dengan daya sebesar 800w pasti anda merasa kekurangan daya maka untuk menghasilkan 1000w PLN akan menambahkan 200w untuk kebutuhan peralatan elektronik anda. Begitu juga sebaliknya jika anda memasang solar panel sebesar 1500w maka 500w akan anda sumbangkan ke jaringan listrik PLN. Dan apa yang akan dilakukan oleh pihak PLN jika seluruh masyrakat tahu tentang penggunaan solar panel tersebut. Silahkan beri komentar dibawah……
                Langsung saja bahan – bahan yang dibutuhkan adalah :
1.      Solar panel




Saya sarankan gunakan solar panel yang berkualitas bagus serta memiliki efesiensi yang cukup baik guna untuk menghasilkan energi yang maksimal. Biasanya solar panel yang bagus adalah solar panel jenis monocristalyn. Tetapi mahal dibanding jenis policristalyn

2.       Inverter yang bersistem grid tie

Gunakan juga inverter jenis pure sine wave sebab listrik pln juga berjenis pure sine wave yang akan di campurkan kedua listrik tersebut untuk rumah anda. Watt terserah pada anda. Ingat harus pure sine wave jika anda menggunakan jenis yang berbeda bisa jadi peralatan elektronik anda rusak.

3.       Kabel 2 warna dengan panjang sesuka anda

Solar panel menghasilkan arus DC serta jumlah arus yang besar, jadi gunakan kabel yang berukuran besar dan tunggal agar tidak ada hambatan apapun yang menghalang aliran listrik dari solar panel dan gunakan dua warna yang berbeda pada kabel agar dapat membedakan kutup positif dan negative pada instalasi solar panel.
Bahan yang kita butuhkan hanya 3 buah saja. Dengan bahan tersebut anda sudah bisa memasang solar panel bersistem grid tie. Cara pemasangan
1.       Pasang solar panel pada tempat yang anda suka seperti di atas atap atau dimana saja kecuali di tempat yang tidak tersinar cahaya matahari.

2.       Jika anda memiliki banyak Solar panel hubungkan Solar panel dengan kabel tunggal secara pararel, jika anda menggunakan inverter yang memiliki tambahan MPPT maka anda dapat menghubungkan solar panel secara seri. Bisanya inverter yang tidak memiliki MPPT hanya membutuhkan tegangan 12 – 24VDC tetapi inverter yang memiliki kelebihan MPPT membutuhkan tegangan 24 – 48VDC. Itu jika anda memiliki jumlah solar panel yang banyak.

3.       Setelah itu solar cell yang sudah disusun tadi kita hubungkan ke inverter. Ingat jangan sampai terbalik dalam menghubungkan kutup positif dan negative ke inverter.


4.       Output dari inverter dapat kita hubungkan ke stop kontak yang ada dirumah secera langsung. Sehingga anda tidak perlu memutuskan aliran listrik dari meteran karena inverter bersifat grid tie dapat dihubungkan langsung ke stop kontak rumah kita serta dapat menggabungkan listrik dari PLN dengan listrik dari Solar Panel anda. Apabila listrik dari Solar Cell anda berlebihan maka listriknya akan disumbangkan ke jala – jala listrik PLN dan meteran akan berputar berlawanan arah. Begitu juga sebaliknya.


Kesimpulan dari ini adalah kitadapat menghemat penggunaan listrik pada siang hari tetapi kita tidak dapat menggunakannya pada malam hari. Untuk malam hari kita mengandalkan energi listrik yang disediakan oleh PLN.


penyebab air radiator bocor

Penyebab air radiator berkurang cepat (bocor) Menurut pengalaman saya, saya pernah mengalami kehabisan air radiator dan tanda air radi...