Pemasangan Solar Panel Untuk Rumah sistem grid off


Pemasangan Solar Panel Untuk Rumah sistem grid off

                Grid off adalah sistem dimana kita menggunakan energi alternative untuk kita sendiri dan kita tidak membutuhkan bantuan dari pihak PLN. Hal ini adalah kebalikan dari pemasangan solar panel bersistem grid tie dan pastinya akan membutuhkan biaya yang cukup mahal tergantung dari kebutuhan daya untuk peralatan elektronik rumah anda. Di amerika mereka menggunakan sistem grid off untuk gudang mereka yang biasanya peralatan bengkel seperti mesin las, grinda, bor listrik dan kawan – kawannya, tetapi jika untuk rumah terserah anda……..
Langsung saja bahan – bahan yang dibutuhkan adalah :

   1.       Solar Panel

Anda sudah tahu solar panel mana yang bagus dan yang mana kurang bagus dan anda juga sudah tahu perbedaan diantara mereka.

   2.       Batterai

Perlu anda ketahui jika tidak ada baterai maka anda tidak akan memiliki listrik pada malam hari. Saya sarankan gunakan baterai dengan tegangan 12vdc dan arus minimal 10A. Itu jika anda memiliki alat elektronik yang mengonsumsi daya sedikit, tetapi jika sebaliknya anda hanya menambahkan baterainya saja.

   3.       Solar Charger Controller

Dan perlu anda ketahui juga anda perlu menggunakan alat yang satu ini yang fungsinya untuk mengisi ulang daya baterai. Solar charger controller memiliki 2 jenis yaitu MPPT dan PWM. Saya sarankan gunakan jenis MPPT jika anda ingin mengisi baterai degan hasil yang bagus. Biasanya MPPT lebih mahal dari pada PWM.

   4.       Inverter

Alat ini akan digunakan untuk mengubah listrik DC 12v menjadi AC 220v, jadi alat ini akan anda butuhkan dan saran saya gunakan jenis pure sine wave. Watt tergantung berapa jumlah watt yang dibutuhkan rumah anda.

   5.       Kabel 2 warna Secukupnya

Kabel yang anda gunakan harus memiliki kualitas yang bagus dan saran saya kunakan saja kabel tunggal yang nantinya digunakan untuk pemasangan batterai dan solar cell sampai ke inverter supaya tahan dengan arus yang besar.

   6.       Saklar jika anda Butuh



Biasanya saklar dipasang untuk memutuskan arus solar panel dan baterai ke inverter jadi pasang saklar sebelum inverter nantinya. Saya sarankan gunakan saklar yang besar.

Bahannya banyak…. Pastinya anda akan mengularkan biaya yang besar.
Langsung saja ke tahap pemasangan.

1.       Letakkan solar panel ditempat yang terkena sinar matahari
2.       Jika anda menggunkan solar charger controller jenis MPPT anda haru menghubungkan beberapa solar panel secara seri tergantung dari teggangn yang dibutuhkan solar charger controller jenis MPPT. Biasanya membutuhkan tegangan 24 – 48VDC.
3.       Hubungkan solar panel yang sudah disusun tadi ke solar charger controller dibagian yang ada gambar solar panelnya.
4.       Kemudian hubungkan juga baterai ke solar charger controller dibagian yang ada gambar baterainya. Anda bisa menyusun baterai secara seri atau pararell tergantung dari tegangan yang dibutuhkan solar charger controllernya. Jika solar charger controller membutuhkan tegangan 48V anda dapat menghubungkan baterai secera seri sehingga dapat menghasilkn 48V.
5.       Output dari solar charger controller dipasangkan saklar kemudian dihubungkan ke inverter.



Dan sekian dari ini semua semoga anda dapat menghemat listrik dengan menggunakan listrik alternatif

No comments

penyebab air radiator bocor

Penyebab air radiator berkurang cepat (bocor) Menurut pengalaman saya, saya pernah mengalami kehabisan air radiator dan tanda air radi...